Minggu, 15 Januari 2012

Kisah Seru bersama YISC Al Azhar - Aksi Tim Buser

Bulan ramadhan, merupakan bulan yang penuh berkah sekaligus bulan yang penuh dengan dinamika hikmah yang selalu akan saya temui tiap tahunnya. Tahun ini ramadhan yang ke-3 bagi saya di kerasnya Ibu Kota Jakarta, syukur alhamdulillah banyak pengalaman baik dan tidak luput juga pengalaman buruk yang saya alami.
Singkat kata nih, saya akan mulai mendongeng tentang pengalaman saya menangkap pencuri yang beraksi di lingkungan Masjid Al Azhar, semoga aja yang baca dan nulis sama-sama tidak bosan... :D
Saat itu hari Sabtu 21 Agustus 2011, kegiatan wiken ini... saya isi dengan kesibukan menjadi panitia kegiatan salah 1(satu) ormas islam YISC Al Alzhar, kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan adalah buka bersama 1500 anak yatim dan sahur bersama warga dhuafa cipete Jakarta Selatan.
Hari itu saya beraktivitas tidak lupa dengan persiapan bekal yang cukup banyak, baju, alat mandi dll sudah saya bawa dan kebetulan saat itu saya memilih pakai tas ransel laptop, sebenarnya pilihan tas laptop bukan atas disengaja namun emang karena tidak ada pilihan lain, disebabkan semua tas ransel saya sudah dikirim ke kota buaya... eh salah, kota apahlawan ding... hehehehe, buat nyiicil barang pesenan sekaligus biar enteng kalau mudik.
Haduuuh... lebaran masih 2 minggu, barangnya sudah dikirim duluan, bener-bener orang udik dah... :D
Selepas acara buka bersama, saya dan teman saya(Akhis Agus Handono) melaksanakan sholat berjamaah isya' di dalam ruang utama masjid al azhar, tas laptop saya saat itu saya letakkan disisi kiri/selatan masjid, bersandar pada dinding masjid yang dekat dengan jendela keluar. Saat itu posisi saya memang agak menjauh dengan tas saya ketika hendak melakukan sholat sunnah ba'da isya, saya melaksanakan sholat dengan lancar, selesai sholat tiba-tiba teman saya yang kebetulan mendampingi saat itu bertanya "Van dimana tas-mu...?", saya jawab "disitu...!", dan kagetnya saya, ternyata tas saya sudah raib.
Sontak saya kaget, kenapa tas saya gak ada di tempatnya, apakah tas tersebut sudah bisa jalan-jalan sendiri.
Agus trus bilang, kalau tadi ada laki-laki yang melemparkan tas keluar jendela, secara reflex saya dan agus langsung berlari keluar secepat kilat ke arah gerbang, yaaaa... agak lebay dikit lah.
Bak satpol PP yang ngejar-ngejar PKL kami berlari ke arah gerbang ke luar Al Azhar belakang yang banyak pedagang makanan,  saya lihat ada pemuda memakai baju koko putih meneteng tas laptop mirip punya saya, begitu melihat kalau tas saya(dugaan) masih ada, saya langsung tarik tas saya dan leher orang tersebut di cekik/dipiting(*boso jowo, indonesianya ndak tau) sama agus, begitu tertangkap orangnya kita seret dan dia meronta-ronta, kebetulan karena saat itu lagi rame, orang-orang pada ngeliatin dong, akhirnya kami minta bantuin buat nyeret ini orang dan kita bawa ke pos satpam kampus di basement.
Di dalam pos kami interogasi bersama pak satpam dan alhamdulillah tas-nya bener punya saya, karena setelah saya cekisinya memang sesuai yang saya persiapkan.
Kalau dijelaskan apa isinya geli sendiri saya, itu maling apes kali ya, sudah ketangkep ternyata isinya bukan sesuai harapan seperti laptop gitu, kira-kira seingat saya waktu itu isinya handuk, sabun, kaos, krupuk maicih 5 bungkus buat oleh-oleh.

Setelah kita puas dan sebel interogasi tuh maling, sebel karena ngeles terus akhirnya sepakat kita bawa ke kantor polisi di deket taman puring.
Disitu saya sempet ambil foto kenang-kenangan tuh maling, ini nih wajah orang yang tertangkap basah ambil tas saya, basah karena di kejar-kejar dan diseret-seret.


Sebenarnya dari sisi penampilan nih orang cukup bagus lho, maksudnya gak serem kek tampang preman gitu, tapi kadang kemasan sama hati bisa beda.
Akhirnya setelah dipertimbangkan bersama, kami memutuskan tidak akan melanjutkan ke persidangan, cuma pesan kami kepada pak polisi agar maling tersebut diberi pelajaran, biar jera untuk tidak lagi mencuri.
Tidak disadari saking sibuknya ngurusin maling kami sampai belum makan sejak berbuka, berhubung sudah keroncongan saya dan agus makan buka sekalian di kantor polisi, setelah kenyang baru deh kembali ke Al Azhar mengingat bu Nur Hazah PJ sahur bersama sudah beberapa kali hub kami, lagian tugas kami sebagai panitia sudah menunggu.
Fiuhhh... panjang juga ngetiknya sampai lumayan cape, sebenarnya note ini pengen saya ikutkan kompetisi hamaasah yang temanya kesan dan pesan gabung YISC Al Azhar, tapi berhubung belum sempet ya telat deh, tapi tak mengapa yang penting para pembaca bisa mengambil hikmah dari kisah saya.
Beberapa pesan hikmah saya dari kejadian tersebut, mungkin bisa dirangkum seperti ini.
  1. Pesan hikmah yang bisa diambil adalah don't just the book from it's cover, meski kemasannya tas laptop belum tentu isinya laptop, bisa jadi kripik kan... hahahahaha
  2. Kalau lagi di al Azhar titipkan saja barang bawaan anda, kalau tidak muat, letakkan yang dekat dengan posisi anda saat itu.
  3. Jangan mudah percaya sama orang lain yang baru dikenal, berdasarkan cerita pak satpam, banyak kejadian titip barang sama orang lain yang baru dikenal, ketika ke toilet, orang yang dititipkan barang menghilang.
  4. Untuk alas kaki juga pilih yang tidak mencolok modelnya, tidak sedikit yang sudah kehilangan.
  5. Bagi yang menginap, barang bawaan di jaga banget ya, di jadikan bantal atau tasnya di gembok biar lebih aman, karena teman saya pernah kehilangan hp-nya esok harinya setelah saya kecurian tas.
So... tetap waspada ya, yang penting dari semuanya adalah berdoa, karena semua pasti ada hikmah dan tujuan, khusus buat akhi agus, kekna kita cocok ya jadi seksi keamanan kalau ada kegiatan lagi... hohohoho

Tidak ada komentar:

Posting Komentar